Sertifikasi Profesi Barista Program KEMENPAREKRAF RI

Sertifikasi Profesi Barista Program KEMENPAREKRAF RI

Novotel Yogyakarta- Rabu s.d Kamis (9-10/12/2020) sebagai tempat kegiatan sertifikasi profesi skema Rumah Mnum/Kafe (Barista)  Lembaga Sertifikasi Profesi Pariwisata dan Spa Indonesia (LSP PARSI), kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Retno Darumurti Kepala Subdirektorat Pengembangan Standar Kompetensi dan Peningkatan Kompetensi Profesi Ekonomi Kreatif 

Berkembangnya ragam jenis kopi serta menjamurnya kedai-kedai kopi turut menjadi faktor yang membuat kopi lebih dekat dengan masyarakat dan menjelma menjadi bagian dari gaya hidup modern. Data dari International Coffee Organization (ICO) mencatat pertumbuhan rata-rata konsumsi kopi di Indonesia lebih besar daripada dunia pada umumnya.

Oleh karena itu, Barista sebagai garda terdepan dalam memperkenalkan kopi kepada masyarakat, harus memiliki kompetensi yang baik dalam menyajikan serta mengenalkan kopi kepada para pecinta kopi.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman bahwa sertifikat kompetensi sangatlah penting dalam meningkatkan daya saing, baik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu, Indonesia membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing.

Dalam kegiatan ini, para peserta mengikuti serangkaian uji kompetensi, kemudian dinilai oleh tim asesor dari LSP PARSI

Saat uji kompetensi, para peserta akan dinyatakan kompeten jika telah memenuhi 9 unit kompetensi, di antaranya mampu mengelola bahan baku, mengoperasikan peralatan, menangani pelanggan, dan mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan, dan keamanan tempat kerja.

Kegiatan Sertifikasi Profesi Barista dilaksanakan sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

About the author

admin administrator

Leave a Reply